Amankah Goregan untuk Bumil ?

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara gorengan untuk ibu hamil dan risiko terkena diabetes gestasional.

Hubungan antara gorengan untuk ibu hamil dan risiko diabetes gestasional

Sebuah studi yang diterbitkan di Diabetologia menemukan bahwa ibu hamil yang lebih banyak mengonsumsi gorengan memiliki risiko yang lebih besar mengalami diabetes gestasional.

Untuk dapat menyatakan hal tersebut, para peneliti melihat kuesioner dari sekitar 15.000 ibu hamil yang terdaftar di Nurses ‘Health Study II.

Setelah mereka menentukan BMI masing-masing, para peneliti menemukan bahwa ibu hamil yang makan gorengan tujuh kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 88% lebih besar untuk diabetes gestasional. Dibanidingkan mereka yang makan gorengan kurang dari sekali seminggu.

Artikel terkait: Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang Ideal
Gorengan untuk ibu hamil berbahaya atau tidak? Ini penjelasan ahli

Menariknya, risiko ini lebih mungkin terjadi bila ibu hamil mengonsumsi gorengan yang dimasak di luar rumah dibandingkan yang dimasak di dalam rumah. Sebab restoran cenderung menggunakan minyak goreng secara berulang sehingga minyak melalui oksidasi dan hidrogenasi.

“Penggunaan minyak secara berulang dapat menghasilkan bahan kimia yang merusak,” ujar rekan penulis Cuilin Zhang, MD, seorang peneliti di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development.

Selain itu, proses penggorengan juga menciptakan senyawa inflamasi yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan diabetes gestasional.

Artikel terkait: Mengenal diabetes gestasional pada ibu hamil
Makanan yang diajurkan untuk ibu hamil
gorengan untuk ibu hamil 4

Dibandingkan mengonsumsi gorengan selama kehamilan. Dr Jessica Winoto di laman Alo Dokter lebih merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi makanan sehat yang dibutuhkan pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

“Misalnya asam folat, zat besi, vitamin D, dan kalsium. Suplemen kehamilan juga diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi janin. Sumber alami asam folat misalnya sayuran hijau, kacang-kacangan, dan jeruk,” paparnya

Dia juga menambahkan kandungan zat besi bisa didapatkan dari sayuran hijau gelap, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. Vitamin D bisa didapatkan dari ikan salmon, daging, telur, dan berjemur di bawah sinar matahari. Sedangkan kalsium dapat bersumber dari tempe, tahu, susu kedelai, dan kacang merah. Sebaiknya konsumsi makanan sehat selama kehamilan.”

Lebih lanjut, Jessica menegaskan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi gorengan selama kehamilan tidak akan memberikan efek kotoran cokelat di kepala bayi seperti mitos yang sering beredar.

“Adanya konsumsi gorengan tidak berhubungan dengan adanya kotoran coklat di kepala,” tegasnya.

Jadi para ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir. Namun juga tidak mengonsumsinya terlalu banyak karena berbahaya untuk kesehatan.