Berbagai menu berbuka ringan dan dapat membantu memulihkan energi

Kegiatan sehari-hari yang padat seringkali membuat sulit berbuka puasa di rumah. Jika dia terjebak dalam perjalanan karena dia macet atau ada pekerjaan yang sangat penting yang tidak dapat ditinggalkan. Bahkan, Anda harus segera menghentikan puasa setelah panggilan sholat bergema. Jadi bagaimana Anda menyiasati ini? Anda melakukannya dengan makan menu yang cepat, ringan, praktis dan sehat.

Cari makanan yang bisa mengatasi rasa lapar dan mengembalikan kadar gula darah ke normal, sehingga energi diisi kembali. Berikut ini adalah berbagai menu ringan yang berbuka cepat untuk berbuka puasa yang bisa dipilih.

Berbagai menu berbuka ringan dan dapat membantu memulihkan energi

1. Tanggal

manfaat kurma

Kurma mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gula alami membuat buah ini cocok sebagai menu buka puasa praktis karena dapat membantu memulihkan energi yang hilang. Meskipun kaya akan gula, kurma tidak menyebabkan gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan. Kandungan serat di dalamnya membantu memperlambat proses penyerapan gula darah untuk mencegah hal ini terjadi.

Selain itu, serat juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit yang sering terjadi selama bulan puasa. Kurma juga kaya kalium yang dapat membuat otot dan saraf bekerja dengan baik. Makan tiga kurma sudah cukup untuk membuat Anda merasa segar kembali. Padahal, kurma mengandung berbagai antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang menyebabkan penyakit.
2. Buah

alergi pisang

Jika aktivitas Anda padat, Anda dapat mengandalkan buah sebagai menu buka puasa yang ringan dan praktis. Jelas itu sehat dan dapat memulihkan energi.

Buah-buahan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Manisnya gula alami dalam buah dan kandungan air di dalamnya membantu membasahi tenggorokan kering. Tidak hanya itu, Anda juga akan diberi energi lagi karena tubuh menerima energi dari buah yang Anda makan.

Hampir semua buah memiliki manfaat kesehatan. Namun, saat Anda berpuasa, Anda bisa makan buah yang kaya kalium, karena mineral ini dapat membantu menormalkan keseimbangan cairan dan elektrolit yang hilang selama hari puasa.

Buah yang kaya akan kalium adalah pisang, yang juga mengandung karbohidrat sehingga dapat digunakan untuk mengisi energi.
3. Cokelat

manfaat cokelat hitam

Di antara jenis cokelat lainnya, cokelat hitam adalah varian paling sehat untuk kesehatan. Dikutip oleh Healthline, cokelat hitam mengandung serat, zat besi, magnesium, tembaga, mangan, kalium, kalsium, fosfor, seng dan selenium.

Berbagai manfaat juga telah ditunjukkan untuk kesehatan, seperti mengeluarkan tubuh dari radikal bebas, meningkatkan kolesterol baik (HDL), menurunkan kolesterol jahat (LDL) untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Karena itu, makan cokelat hitam ketika pecah bisa menjadi pilihan yang baik dan sehat.
4. Bar makanan ringan

Snack bar adalah makanan kemasan yang biasanya datang dalam bentuk bar berbasis tepung padat dan berbagai bahan lainnya. Snack bar bisa menjadi menu ringan tetapi cukup cepat untuk menahan rasa lapar sampai Anda makan nanti.

Namun, jangan memilih bilah makanan ringan sembarangan. Coba lihat label paket sebelum membelinya. Beli produk yang tidak mengandung pemanis dan pengawet buatan.

Cobalah makan camilan sehat yang mengandung serat, miskin atau tanpa gula, rendah garam dan rendah lemak. Selain itu, snack bar juga mengandung kalori sekitar 100-150 kalori per bar, sehingga cukup untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa.
5. Kacang tanah

Kacang panggang

Kacang dapat dipilih sebagai menu buka puasa praktis dan ringan. Meskipun kenari umumnya tinggi lemak, kebanyakan dari mereka kaya akan lemak sehat, yaitu omega 3 dan omega 6, dan kacang-kacangan juga kaya protein dan serat.

Protein yang baik sebagai sumber energi dan serat dapat mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu, kacang biasanya mengandung vitamin dan mineral seperti magnesium dan vitamin E, yang baik untuk kulit sehat selama puasa.

Kacang sangat baik untuk dimakan karena bisa membuat Anda merasa kenyang tanpa makan terlalu banyak. Kacang almond, kenari, dan kacang mede adalah jenis kacang yang baik untuk dihancurkan. Selain itu, sangat baik untuk makan kacang mentah karena nutrisi terpelihara dengan baik.

Baca juga :