Menu Sehat untuk berbuka puasa

Puasa adalah salah satu momen penting untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat daripada biasanya. Alasannya, makan makanan yang salah dapat menyebabkan gejala hipertensi, atau kambuh tinggi, seperti pusing, mual atau lemas sepanjang hari.

Namun, Anda tidak perlu lagi khawatir karena gejala ini dapat diatasi dengan memilih makanan yang tepat untuk berbuka puasa. Apa saja menu buka puasa sehat untuk hipertensi yang lezat tetapi tetap sehat? Lihatlah ulasan lengkapnya di bawah ini.

Menu Sehat untuk berbuka puasa


Pilihan menu puasa untuk hipertensi
1. Tanggal

manfaat kurma

Anda tentu tahu tanggalnya. Ya, buah yang banyak muncul selama bulan Ramadhan ini sebenarnya cocok untuk dikonsumsi sebagai menu istirahat cepat untuk hipertensi.

Alasannya adalah kurma mengandung kadar kalium dan magnesium yang tinggi yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengendalikan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi empat kurma untuk menghentikan puasa, Anda memuaskan 668 mg kalium, setara dengan 14% dari kebutuhan kalium harian pada orang dewasa.
2. Kompot pisang

resep majemuk

Sepiring kolak pisang adalah menu takjil favorit selama bulan Ramadhan yang sayang sekali hilang. Bahkan jika Anda memiliki masalah hipertensi, Anda masih bisa makan kolak saat berbuka puasa, lho!

Namun, berhati-hatilah dengan santan dan kadar gula dalam kompos. Keduanya dapat memicu peningkatan kolesterol dan gula darah. Jadi, buat versi kompot sehat Anda sendiri menggunakan susu skim (bebas lemak) atau yogurt alih-alih susu kelapa.

Baik susu skim dan yogurt mengandung banyak kalsium dan rendah lemak. Kedua nutrisi ini dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi saat puasa.

Sebagai pelengkap, bagikan pisang untuk menambah asupan potasium dalam menu berbuka puasa. Kandungan kalium dalam pisang dapat membantu mengurangi efek natrium dalam darah. Kombinasi ini jelas bermanfaat untuk pengobatan tekanan darah tinggi selama puasa.
3. Bayam sayuran

makan bayam meningkatkan asam urat

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang direkomendasikan untuk pasien hipertensi karena kandungan potasiumnya. Ketika tubuh menerima kalium, mineral membantu mengikat natrium dalam darah dan melepaskannya dengan urin. Akibatnya, tekanan darah tinggi saat puasa perlahan akan berkurang.

Karena itu, menyajikan bayam bisa menjadi salah satu inspirasi untuk menu buka puasa sehat untuk hipertensi. Untuk rasa yang lebih lezat dan selera, tambahkan wortel dan jagung manis sebagai pelengkap.
4. Tuna bakar
Sumber: The Cook Monkeys

Ikan adalah sumber protein terbaik dengan kadar lemak rendah. Di antara banyak jenis ikan yang ada, tuna adalah jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Tuna mengandung asam lemak omega-3 tinggi yang dapat mencegah plak di pembuluh darah, mengurangi peradangan dan mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh. Ketika pembuluh darah aman dari endapan plak, ini berarti aliran darah menjadi lebih cair dan tidak memerlukan tekanan berlebihan untuk mengirim darah ke organ vital tubuh.

Agar tuna berbuka puasa menjadi lebih sehat, masak tuna dengan pemanggangan untuk menjaga kadar vitamin dan mineral dalam tuna. Bumbui dengan minyak zaitun, jus lemon dan rempah-rempah lainnya sehingga rasanya lebih lezat.
5. Jus buah
jus delima
Sumber: LiveStrong

Menu Cepat Istirahat Sehat untuk Hipertensi bukan hanya dalam bentuk makanan berat, bagaimana pun. Bagi Anda yang tidak terbiasa makan segera saat berbuka puasa, Anda bisa mencoba meminum jus buah.

Jus delima dilaporkan membantu mengurangi tekanan darah secara alami. Bahkan, buah merah ini juga efektif meningkatkan imunitas pada pasien yang menjalani dialisis atau dialisis ginjal.

Selain jus delima, Anda juga bisa mengonsumsi jus pisang untuk membantu mengontrol tekanan darah saat berpuasa. Karena, pisang berukuran sedang menghasilkan 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang Anda butuhkan setiap hari.

Karena itu, mulailah mengonsumsi jus buah secara teratur saat puasa istirahat sehingga tekanan darah tetap stabil selama bulan puasa.

Baca juga :