Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus Bagi Tubuh

atapmembran.co.id – Bukan rahasia lagi bahwa sistem pencernaan adalah bagian penting dari kesehatan manusia. Saluran ini membawa makanan dari mulut ke perut. Mengubahnya menjadi nutrisi yang dapat diserap dan menjadi energi bagi tubuh.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah menemukan bahwa sistem pencernaan memiliki tugas yang lebih luas dan lebih kompleks daripada yang diketahui sebelumnya.

Sistem pencernaan terkait dengan berbagai aspek kesehatan yang tampaknya tidak terkait dengan pencernaan, dari kekebalan hingga tekanan emosional hingga penyakit kronis, termasuk kanker dan diabetes tipe 2, seperti yang dilaporkan dalam TIME.

“Kita sudah tahu bahwa saluran pencernaan penuh dengan triliunan bakteri yang tidak hanya membantu kita menangani makanan, tetapi juga membantu tubuh kita mempertahankan homeostasis dan kesehatan secara umum,” kata Dr. Tara Menon, ahli gastroenterologi di Pusat Medis Wexner, Universitas Negeri Ohio.

“Pada orang sehat, ada berbagai organisme, kebanyakan dari mereka bakteri, tetapi juga virus, jamur, dan mikroba lainnya.” Gail Hecht, presiden Pusat Penelitian & Pendidikan Microbiome yang Baik dari American Gastroenterological Association.

“Pada orang yang tidak sehat, keragaman jauh lebih rendah dan tampaknya ada peningkatan jumlah bakteri yang kita kaitkan dengan penyakit ini,” lanjutnya.

Beberapa jenis bakteri di usus dapat menyebabkan berbagai kondisi.

Penelitian pada hewan dan manusia telah menghubungkan beberapa bakteri dengan fungsi kekebalan tubuh yang lebih rendah.

Sementara yang lain beresiko lebih besar untuk asma dan alergi, ada orang lain yang menderita penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, multiple sclerosis dan beberapa kanker. Kesehatan usus bahkan dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan gangguan neurologis seperti skizofrenia dan demensia.

Anda tidak harus tahu persis apa yang terjadi di perut Anda setiap saat.

Selama Anda mengikuti saran kesehatan umum dokter, kemungkinan besar Anda akan mendapat manfaat dari kesehatan usus Anda.

“Kami mendorong orang untuk mengikuti diet seimbang, tetap terhidrasi, berlatih teratur dan tidur nyenyak karena kami percaya bahwa menjaga kesehatan umum yang baik membantu menjaga usus yang sehat,” pungkas Menon.

Bagian penting dari sistem pencernaan adalah usus. Karena tidak, dalam usus ini sari makanan diserap, yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika usus mengalami masalah, asupan makanan juga bermasalah dan memiliki efek langsung pada tubuh. Untuk alasan ini, kita harus dapat menjaga kesehatannya dengan lebih baik. Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan usus?

Pilihan makanan sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

Pakar kesehatan merekomendasikan diet sehat karena dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di organ yang sangat panjang. Misalnya, kita harus lebih terbiasa makan makanan sehat seperti sayuran. Pakar kesehatan Robynne Chutan mengatakan bahwa jika Anda makan banyak sayuran, itu akan membantu pertumbuhan bakteri baik di usus. Kita bisa membuat diet sayuran 1: 2: 3, di mana kita bisa makan seporsi sayuran untuk sarapan, lalu dua porsi untuk makan siang dan tiga porsi untuk makan malam.

Agar usus menjadi lebih sehat, kita juga harus memastikan kecukupan karbohidrat, terutama dengan mengonsumsi kentang rebus dalam kombinasi dengan salad. Hindari konsumsi karbohidrat yang tidak sehat, seperti minuman bersoda, karena hal ini menekan pertumbuhan bakteri baik di usus. Alih-alih minuman yang tidak sehat ini, ia memperbanyak asupan air yang lebih sehat.

Makanan fermentasi seperti keju dan yogurt memiliki kandungan prebiotik yang sangat baik untuk kesehatan dan ketahanan usus. Cobalah makan makanan ini secara teratur untuk mendukung bakteri baik di usus.

Juga diyakini bahwa makan yang lebih baik dapat membuat usus lebih sehat. Tahukah Anda bahwa usus tampaknya membutuhkan 12 jam istirahat setiap hari? Artinya, alangkah baiknya jika kita hanya memiliki 12 jam waktu aktif kita dalam satu hari. Misalnya, jika kita sarapan pada jam 7 pagi, tidak disarankan untuk makan setelah jam 7 malam, terutama saat makan malam. Dengan usus cukup istirahat, sistem pencernaan tetap terjaga.

Baca Artikel Lainnya:

Tokoh Sumpah Pemuda

Fungsi Tulang Pengumpil Pada Tubuh Manusia